MATERI LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) TAHUN 2009/ 2010
| NO | Jenis Kegiatan Pembinaan Kesiswaan |
| 1 | Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain: |
| a. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing | |
| b. Memperingati hari-hari besar keagamaan | |
| c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama | |
| d. Membina toleransi kehidupan antar umat beragama | |
| e. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan | |
| f. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah | |
| | |
| 2 | Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain: |
| a. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah | |
| b. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial) | |
| c. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan | |
| d. Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama | |
| e. Menumbuhkankembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah | |
| f. Melaksanakan kegiatan 7 K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan) | |
| | |
| 3 | Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara, antara lain: |
| a. Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan/ haru sabtu, serta hari-hari besar nasional | |
| b. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne) | |
| c. Melaksanakan kegiatan kepramukaan | |
| d. Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah | |
| e. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan | |
| f. Melaksanakan kegiatan bela negara | |
| g. Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara | |
| h. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara | |
| | |
| 4 | Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/ atau olahraga sesuai bakat dan minat, antara lain: |
| a. Mengadakan lomba mata pelajaran/ program keahlian | |
| b. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah | |
| c. Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) | |
| d. Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar | |
| e. Mendesain dan memproduksi media pembelajaran | |
| f. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian | |
| g. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah | |
| h. Membentuk klub sains, seni dan olah raga | |
| i. Menyelenggarakan festival dan lomba seni | |
| j. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olah raga | |
| | |
| 5 | Pembinaan demokrasi, hak azasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain: |
| a. Memantabkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing | |
| b. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa | |
| c. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional | |
| d. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat | |
| e. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat, dan pidato | |
| f. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik, dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan | |
| g. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah |
Baca selengkapnya disini:.............

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda