Jumat, 25 Desember 2009

PENGERTIAN KEPRIBADIAN UNGGUL

PEMBINAAN KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN
 KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA


Kepribadian mengandung arti:
Ø
  1. Berperilaku yang mencerminkan dirinya  dan berbeda dari orang lain
  2. Kuat pendiriannya, tidak mudah goyah dan tidak mudah berpengaruh oleh orang lain
  3. Menampilkan diri sesuai adat, budaya, dan kebiasaan leluhur atau bangsanya
Unggul mengandung arti:
  • Berbeda dengan yang lain
  • Menjadi yang nomor satu 

PEMBINAAN BAHASA INGGRIS

GENRES:

ENGLISH TEXT TYPES



Bagaimana komunikasi terjadi?


  • Melalui penciptaan teks
  • Teks adalah satuan makna

   Disebut teks jika:

  • Bermakna
  • Masuk akal
  • Dapat dipahami





MATERI DIKLAT 2009/2010

PEMBINAAN KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS
Oleh : Mudyo Eryawati, S.Pd

A.    Bahasa sebagai alat komunikasi manusia
Pernahkah kita memikirkan berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk berkomunikasi dalam sehari? Mari kita hitung, mulai dari bangun tidur pagi sampai pergi tidur malam, berapa lama kita mendengar dan berbicara? Berapa lama kita membaca koran/ iklan di jalan-jalan? Berapa lama kita menulis surat/ laporan apa saja? Jika di hitung, benar, kita menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa. Untuk itu kita gunakan tanda-tanda berapa bunyi/ tulisan. Akan tetapi ini belum semuanya, kita berkomunikasi dengan cara-cara lain setiap harinya.
Waktu kita hendak pergi ke sekolah, apakah kita mengambil pakaian dengan asal “comot” dari almari? Tentunya kita berfikir akan “aturan tak tertulis” bahwa sebaiknya kita tidak mengenakan 12 warna sekaligus untuk pergi ke sekolah. Apa yang kita kenakan juga “dibaca” oleh orang lain. Orang dapat “menilai” siapa kita dari pakaian yang kita kenakan. Jadi pakaian pun sebenarnya juga merupakan alat komunikasi yang sistematis dan teratur. Pakaian dapat menjadi tanda-tanda juga seperti bunyi dan tulisan.
Jika kita berangkat sekolah lewat jalan raya, apakah kita berkendaraan dengan “semau gue” tanpa memperdulikan rambu-rambu lalu lintas dan rambu-rambu yang dipasang di jalan. Jika demikian, maka sebenarnya kita juga menggunakan lampu berwarna sebagai alat komunikasi.
Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa kita hidup di kelilingi sistem tanda-tanda sebagai alat komunikasi. Ilmu yang menjelaskan komunikasi dengan sistem tanda-tanda disebut Semiotika. Tanda-tanda yang digunakan biasanya tidak digunakan oleh orang per orang melainkan disepakati oleh sekelompok orang dengan tanda-tanda yang sama. Sekarang kita lihat bagaimana bahasa bisa digunakan dengan baik oleh manusia normal yang tidak dapat hidup bermasyarakat tanpa bahasa.

MATERI LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) TAHUN 2009/ 2010


NO
Jenis Kegiatan Pembinaan Kesiswaan
1
Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain:
a.       Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
b.       Memperingati hari-hari besar keagamaan
c.        Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama
d.       Membina toleransi kehidupan antar umat beragama
e.       Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan
f.        Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah

2
Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain:
a.       Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah
b.       Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial)
c.        Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan
d.       Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama
e.       Menumbuhkankembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
f.        Melaksanakan kegiatan 7 K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)

3
Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara, antara lain:
a.       Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan/ haru sabtu, serta hari-hari besar nasional
b.       Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne)
c.        Melaksanakan kegiatan kepramukaan
d.       Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah
e.       Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
f.        Melaksanakan kegiatan bela negara
g.       Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara
h.       Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara

4
Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/ atau olahraga sesuai bakat dan minat, antara lain:
a.       Mengadakan lomba mata pelajaran/ program keahlian
b.       Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
c.        Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)
d.       Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
e.       Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
f.        Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
g.       Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
h.       Membentuk klub sains, seni dan olah raga
i.        Menyelenggarakan festival dan lomba seni
j.        Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olah raga

5
Pembinaan demokrasi, hak azasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain:
a.       Memantabkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing
b.       Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa
c.        Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional
d.       Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat
e.       Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat, dan pidato
f.        Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik, dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
g.       Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah


Baca selengkapnya disini:.............

PROPOSAL LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) OSIS TAHUN 2009/ 2010



A.     PENDAHULUAN
OSIS adalah merupakan satu-satunya organisasi di sekolah. Siswa-siswi UPTD SMP Negeri 5 Nganjuk secara umum merupakan anggota OSIS yang kegiatannya sehari-hari dilakukan di lingkungan sekolah.
Untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan OSIS maka dibentuk pengurus OSIS yang pemilihan dilakukan melalui perwakilan kelas.
Agar pengurus OSIS dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik maka perlu diberi bekal kepemimpinan yang selanjutnya mengikuti kegiatan yang disebut Latihan Dasar Kepemimpinan.

D.     DASAR KEGIATAN
-        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan
-        Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2009/ 2010
-        Program Kerja OSIS Tahun Pelajaran 2009/ 2010

C.     TUJUAN KEGIATAN
Memberi bekal kepemimpinan kepada seluruh siswa yang menjadi anggota OSIS tahun pelajaran 2009/ 2010 UPTD SMP Negeri 5 Nganjuk agar:
1.   Menyadari bahwa siswa peserta LDK adalah sebagai pengurus OSIS
2.   Mengetahui tugas dan fungsinya sebagai pengurus OSIS
3.   Melaksanakan   tugas dan fungsinya sebagai pengurus OSIS sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsinya masing-masing
4.   Menegakkan aturan-aturan sekolah, tata tertib sekolah, dan disiplin di lingkungan sekolah
5.   Ikut menggali dan mengembangkan potensi siswa-siswi UPTD SMP Negeri 5 Nganjuk
6.   Memiliki bekal untuk  hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

TIP AND TRIK MS WORD 2003

Buku ini berisi tentang tip and trik dalam memanfaatkan program Microsoft Word 2003 untuk menyelesaikan tugas perkantoran.